Cara Mengatasi Mandul

Kesehatan reproduksi berkaitan dengan masalah kemandulan adalah salah satu persoalan yang cukup rumit dan paling di tajuti oleh beberapa pasangan. Dalam banyak kasus, kemandulan dapat menjadi salah satu pemicu retaknya rumah tangga. Jika sistem kesehatan reproduksi mengalami gejala atau tanda kemandulan jangan menyerah terlalu cepat, karena perkembangan teknologi pengobatan sudah maju dan memungkinkan untuk membantu mengatasi masalah kemandulan tersebut. Di Negara Amerika serikat, lebih dari setengah pasangan suami istri yang mengalami kemandulan dapat tertolong dan berhasil mempunyai momongan. Apabila sudah setahun membina rumah tangga dan belum memperoleh momongan, alangkah baiknya jika pergi ke dokter untuk malakukan konsultasi dan memeriksakan diri. Oleh dokter langkah pertama yang akan di lakukan yaitu menjelaskan terlebih dahulu secara detail mengenai sitem kesehatan reproduksi pria dan wanita dan bagaimana janin dapat tercipta.

Solusi Mengatasi Kemandulan
Setelah melakukan konsultasi dengan dokter selama beberapa kali, akan di lakukan tes atau pengujian terhadap sistem kesehatan reproduksi masing –masing pasangan dan akan mendapatkan resep atau obat mandul penyubur sperma seperti SEMENAX (OBAT SEMENAX CAPSULES) untuk dapat membantu merangsang produksi sperma menjadi lebih banyak. Namun apabila mempunyai masalah varikokel atau vas deferens yang tersumbat, maka langkah yang akan di lakukan yaitu tindakan pembedahan untuk mengatasi masalah tersebut. Apabila pasangan pria anda adalah type orang yang memproduksi antibodi terhadap sperma atau tidak mbereaksi terhadap obat-obat penyubur sperma, langkah akhir yang dapat di lakukan yaitu menggunakan metode pembuahan dengan teknologi canggih. Metode ini tebilang cukup mahal dan tidak memiliki garansi akan berhasil, oleh karena itu banyak pasangan yang lebih memilih mengadopsi anak saja.

Sistem kesehatan reproduksi dapat sehat dengan menjalani pola hidup yang sehat juga. Berikut ini beberapa jenis pembuahan yang menggunakan teknologi canggih :
  1. Inseminasi buatan : cara yang di lakukan yaitu memasukan air mani lengsung ke dalam uterus.
  2. In vitro fertilization (IVF) atau pembuahan dalam tabung : Sel telur melalui operasi di pindahkan dari ovarium wanita ke sebuah cawan dan di campur dengan sperma dari pasangan agar pembuahan terjadi. Setelah inkubasi selama 2 hari, telur yang sudah di buahi di taruh dalam uterus.
  3. Gamet intrafallopian transfer (GIFT) : sel telur dan sperma di masukkan ke dalam saluran telur dengan harapan agar terjadi pembuahan
  4. Zygote intraf llopian transfer (ZIFT) : hal yang di terapkan cukup sama dengan IVF
  5. Zona drilling : Dalm tehnik ini, dokter bedah menggunakan bahan kimia, sinar laser dan sebatang jarum sutik untuk dapat membuka lapisan luar telur agar sperma dapat masuk
  6. Microinjection : Dalam prosedur ini masih dalam tahap eksperimen, sebatang jarum tipis di gunakan untuk memasukkan sel sperma ke dalam telur.

1 komentar: